Berdasar Peraturan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) nomor 0848/PRN/II.3.AU/A/2021 tentang struktur tata kerja organisasi UMSurabaya, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) adalah lembaga yang bertanggung jawab LP3 dalam melakukan kajian, pengembangan dan inovasi pada bidang pendidikan dan pembelajaran untuk membantu fakultas dan program studi dalam menyelenggarakan proses akademik yang memenuhi standar nasional pendidikan. Luas lingkup yang menjadi tanggung jawab LP3 sesuai standar nasional Pendidikan tinggi adalah: (a) standar kompetensi lulusan, (b) standar isi pembelajaran, (c) standar proses pembelajaran, dan (d) standar penilaian pembelajaran.

Tujuan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran UMSurabaya adalah:

  1. Mengembangkan kurikulum, pendidikan dan pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Surabaya.
  2. Mengoordinasikan kegiatan pengembangan kurikulum, pembelajaran dan evaluasi.
  3. Mengoordinasikan pengembangan sumber belajar.
  4. Menyelenggarakan pelatihan peningkatan teknik keterampilan mengajar.
  5. Melakukan inovasi model pembelajaran dan asesmen beserta perangkatnya.
  6. Memelihara website e-learning UMSurabaya dengan tautan https://elearning.um-surabaya.ac.id/.
  7. Menyelenggarakan pelatihan dan konsultasi e-learning dan manajemen sumber pembelajaran berbasis ICT.
  8. Mengembangkan perangkat lunak sumber-sumber pembelajaran berbasis ICT.
  9. Mengembangkan inovasi sistem pembelajaran berorientasi student-centered learning.
  10. Mengembangkan konsep dan sistem pembelajaran berdasar penelitian (research-based teaching and learning).
  11. Mengoordinasikan Bentuk Kegiatan Perkuliahan (BKP) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi khususnya pada program Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, serta Magang dan Studi Independen.
  12. Mengoordinasikan kegiatan MBKM mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya.

LP3 UMSurabaya dalam menyusun perencanaan dan program kerjanya adalah melakukan kajian, pengembangan dan inovasi sebagai bahan masukan bagi perbaikan penyelenggaraan proses akademik yang dilakukan fakultas dan program studi mengacu pada standar nasional Pendidikan tinggi. Program kerja LP3 disusun dengan memperhatikan skala prioritas hasil analisis kebutuhan (need assessment) pada bidang pendidikan. Program kerja ini juga bersifat tentatif oleh sebab itu masih terbuka untuk penambahan dan pembatalan sesuai dengan kebutuhan lainnya.